Maros–  Sebanyak 1.000 Bendera Merah Putih dibagikan oleh Bupati  Maros HAS Chaidir Syam kepada warga Kabupaten Maros. Pembagian tersebut untuk meningkatkan jiwa nasionalisme seiring peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022 ke-77.

Baca juga: Mandiri Benih Bawa Berkah Bagi Petani Maros

“Kami membagikan kurang lebih 1000 Bendera Merah Putih kepada masyarakat, ini adalah program Pemerintah Pusat  dengan bertajuk Indonesia 10 juta Bendera Merah Putih,” ujar Bupati Maros di sela pembagian bendera yang dipusatkan di Pasar Tramo Maros pada Jum’at (05/08/2022).

Beliau menambahkan, Bendera Merah Putih sebagai identitas, simbol dan alat pemersatu bangsa Indonesia agar semakin kuat. Juga untuk menggalang semangat partisipasi swadaya masyarakat agar semakin cinta Indonesia dengan mengibarkan Bendera Merah Putih.

Dalam pembagian Bendera Merah Putih ke pedagang dan pembeli di seputar area Pasar Tramo, diharapkan mereka bisa mengibarkan bendera tersebut di rumah masing-masing dari 1-31 Agustus 2022.

Seruan mengibarkan bendera di depan rumah warga harus terus digaungkan dan digelorakan. “Dengan semangat tema HUT ke-77 Kemerdekaan RI yaitu pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, kita kibarkan bendera Merah Putih dengan penuh semangat,” imbau beliau.

Bupati Maros juga menyampaikan, bagi warga yang tidak mengibarkan Bendera Merah Putih, maka akan diberi pembinaan dan peringatan agar bisa mencintai salah satu simbol negara yang diperjuangkan jaman penjajahan dulu. Sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih kepada para pejuang kemerdekaan dan meningkatkan nasionalisme, Bendera Merah Putih di bulan Agustus harus berkibar sebulan penuh.

Beliau juga mengingatkan bahwa perjuangan merebut kemerdekan membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit. “Saat ini kita tinggal mengisi kemerdekaan, dan mengibarkan bendera merupakan wujud nyata menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan serta sebagai bukti nasionalisme yang tinggi,” terang Bupati Maros