RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari menerima piagam apresiasi pembinaan Proklim dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya di Jakarta, Jumat (9/8/2024).

Selain Suhartina, Kepala Desa Benteng Gajah, Kecamatan Tompobulu, Anshar, juga menerima piagam dan tropi sebagai lokasi Proklim kategori utama 2024 didampingi tim dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) Maros.

Suhartina mengatakan, dua penghargaan yang diraih itu, merupakan bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Maros di bidang lingkungan hidup yang berkesinambungan.

“Ini merupakan bukti nyata jika kami berkomitmen di bidang lingkungan hidup. Tidak semua pemerintah daerah yang mungkin tertarik di isu ini. Tapi kami tergerak untuk berbuat,” kata Suhartina.

Ia menjelaskan, penghargaan kampung Proklim itu, sudah diraih sejak 2021. Kala itu, dusun Rammang-Rammang yang diinisiasi oleh Komunitas Anak Sungai, berhasil mengantongi penghargaan Proklim kategori utama.

“Nah awalnya tahun 2021, Rammang-Rammang dapat kategori utama. Lalu tahun 2023, berhasil meraih penghargaan tertinggi yakni Proklim Lestari,” terangnya.

Dukungan pada program lingkungan dari Pemerintah Daerah inilah, kata dia, yang dinilai oleh Pemerintah Pusat sangat maksimal dan akhirnya dianggap layak mendapat apresiasi.

“Selama ini memang kita sangat mensupport kegiatan komunitas masyarakat terkait lingkungan hidup. Termasuk Proklim yang sudah berjalan hampir 4 tahun,” ujar Suhartina.

Sementara itu, fungsional Pengendali Dampak Lingkungan Hidup DPKPLH, Andi Erfina mengatakan, pihaknya tahun ini mengajukan 3 lokasi untuk dinominasikan sebagai penerima Proklim.

“Pendataan desa Proklim ini, berupa aksi adaptasi, aksi mitigasi dan kelembagaan yang ada dan berpotensi di desa, tersebut,” katanya.

Ia menjelaskan, Desa Benteng Gajah bisa lolos karena terdapat beberapa program. Seperti, pengelolaan sampah dengan menggunakan aplikasi, pemanfataaan biogas, pengelolaan dan pemanfaatan pupuk cair dan pemanfaatan pekarangan dengan hidroponik.