RAKYAT.NEWS, MAROS – Berbagai pencinta alam dari berbagai daerah berkumpul dalam agenda halalbihalal yang digelar Komunitas Pendaki Nafas Tua (PENAT) Celebes di lokasi Camp Surandar, Desa Pattunuang, Kabupaten Maros, pada Minggu (21/4/2024).

“Disini kita menghadirkan teman-teman baik dari Penat sendiri maupun teman-teman lainnya. dipertemukan kembali karena lama tak pernah bertemu,” kata Kordinator Penat Celebes, Muhammad Fihria.

Dikatakan, bahwa setiap kali mereka menggelar Halalbihalal selalu dibarengi dengan kegiatan yang mengedukasi para peserta terutama bagi kalangan anak muda atau para pemula.

“Kami berusaha memberikan contoh dan edukasi kepada para adik-adik pendaki. Soal keselamatan, menjaga lingkungan dan banyak lagi sebelum turun ke alam bebas,” ucap Fihria.

Penat merupakan perkumpulan yang sudah aktif sekitar tahun 70-90. “Ini sudah kesekian kali kami laksanakan dan sudah menjadi kalender rutin dan akan kita terus tingkatkan,” ucap Fihria.

Harapannya, kegiatan ini sekaligus dijadikan bahan edukasi dan menambah pengetahuan secara keilmuan. Serta dapat memupuk rasa persaudaraan bukan hanya para kalangan pendaki dan aktivis lingkungan tapi juga membawa dan mempertemukan para keluarga dari peserta.

Ada berbagai kegiatan menarik digelar dalam acara Halalbihalal dan silaturahim ini. Diantaranya ada pelatihan fotografi, akustikan, fun climbing, hiking, dan dialog serta sosialisasi program lingkungan serta tracking games. Yang dihadiri peserta dari Kolaka, Sidrap,Gow bahkan dari Pulau Jawa.