RAKYAT NEWS, MAROS – Pada tahun 2021 yang lalu, Maros, tepatnya Dusun Rammang-Rammang Desa Salenrang -Kecamatan Bontoa berhasil meraih Penghargaan Tropi Program Kampung Iklim (Proklim) untuk Kategori Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yang pengumumannya bertepatan pada Acara Puncak Festival Iklim 2021, Selasa (19/10/2021).

Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berskala nasional yang diinisiasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yang bertujuan mendorong keterlibatan masyarakat dan stakeholder dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca.

Di tahun 2023 ini, Maros kembali masuk dalam nominasi peraih Trofi Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, dan Marus juga merupakan satu-satunya Kabupaten di Provinsi Sulsel yang berhasil menjadi nominator.

Bupati Maros HAS Chaidir Syam mengungkapkan, saat ini sudah ada tim yang terdiri dari 7 orang yang terhitung sejak Kamis, (03/08/2023), mulai bekerja melakukan penilaian dan verifikasi di sejumlah titik yang menjadi lokus penilaian proklim.

Pemkab Maros kali ini menargetkan untuk dapat naik peringkat dari sebelumnya Proklim Utama menjadi Proklim Lestari yang merupakan kategori tertinggi untuk penghargaan Program Kampung Iklim Lestari binaan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini.

Proklim sendiri memiliki beberapa kategori yakni ProKlim Pratama, Proklim Madya, Proklim Utama dan Proklim Lestari.