RAKYAT NEWS, MAROS – Benih merupakan program prioritas Pemprov Sulsel yang diinisiasi oleh Gubernur Andi Sudirman Sulaiman untuk memberikan bantuan benih padi gratis yang unggul pada Kabupaten/Kota yang ada di Sulsel. Program ini terus berlanjut dan Kabupaten Maros menjadi salah satu Kabupaten yang melaksanakan Panen Batuan benih padi andalan yang di laksanakan di Desa Tanete Kecamatan Simbang Kabupaten Maros.

Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam mengakui, bahwa program bantuan benih padi Andalan “Mandiri Benih” yang diinisiasi oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman sangat membantu para petani.

Benih yang dibagikan ke masyarakat minim penggunaan bahan kimia dan penangkaran dilakukan di Sulsel oleh Instalasi kebun benih milik Pemprov Sulsel bekerja sama dengan para petani penangkar.

Hal itu diungkapkan Bupati Maros pada panen padi “Mandiri Benih” di Desa Tanete, Kecamatan Simbang Kabupaten Maros, Kamis, (3/8/2023)

“Alhamdulillah, kami sangat senang sekali dan gembira karena program Mandiri Benih dari bapak Gubernur tersalurkan ke Maros. Dengan program Mandiri Benih ini, petani sangat terbantu dan sangat tertolong, karena kebutuhan benih dan penyaluran ke petani ini yang kita inginkan. Dan hari ini program mandiri benih oleh gubernur sudah panen,” ungkap Chaidir.

Chaidir Syam melanjutkan, petani yang saya temui mengatakan benih gratis dari Pemprov Sulsel ini meningkatkan hasil pertanian. “Ternyata hasilnya sangat bagus sekali. Ada peningkatan, yang dulunya 5 sampai 6 ton per hektar, kini hasilnya sekitar 8 sampai 9 ton per hektar. Ini membuat kita bahagia dan senang dengan program Mandiri Benih ini,” jelas beliau.

Ia pun berharap, bantuan benih padi andalan ini terus berlanjut. “Karena hasilnya sungguh luar biasa, membantu para petani kita,” kata bupati Maros