RAKYAT NEWS, MAROS – Pemerintah Kabupaten Maros menggelar puncak peringatan hari lahir ke-64 Kabupaten Maros. Berlangsung di Lapangan Pallantikang Kabupaten Maros, Selasa (11/7/2023).

Mengingat Harla Kabupaten Maros yang jatuh pada tanggal 4 Juli lalu, beberapa kegiatan sebagai rangkaian peringatan telah dilakukan sejak 9 hingga 11 juli 2023. Tema yang diusung tahun ini ialah “SDM Berkualitas untuk Pemulihan Ekonomi Menuju Masyarakat Sejahtera”.

Kabupaten Maros telah mengalami transformasi besar selama 3 tahun terakhir diperiode kepemimpinan Chaidir Syam bersama Suhartina Bohari. Terbukti dengan berbagai penghargaan yang diterima.

Bupati Maros, AS Chaidir Syam mengatakan, penghargaan tersebut tidak lepas dari kerja keras seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Maros dan tentunya didukung seluruh masyarakat.

“Setiap pencapaian yang kita raih saat ini berkat kerja keras para pendahulu. Kemudian dilanjutkan dengan semangat dan tekad yang besar dari kita semua,” ungkapnya.

Beberapa penghargaan yang diterima diantaranya, SAKIP atas prestasi dalam akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, reformasi birokrasi tahun 2022 dengan predikat nilai B, penghargaan Adipura 2022. Selanjutnya juga ada Universal Health Coverage (UHC) award 2023 sebagai wujud nyata komitmen pemerintah daerah dalam mendukung program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat Indonesia.

“Yang cukup membanggakan adalah diraihnya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-11 kalinya dengan 10 kali berturut-turut atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2022. Dan yang baru-baru ini adalah pengakuan Global Geopark Maros-Pangkep,” beber Chaidir.

Melalui kerja keras TNI, Polri dan ASN serta elemen masyarakat sebut Chaidir, Kabupaten Maros mampu meningkatkan keberhasilan pembangunan ekonomi. Pencapaian produk domestik regional bruto (PDRB) misalnya, meningkat hingga 9,13% di 2022 yang sebelumnya 1,36% di Tahun 2021.