RAKYAT NEWS, MAROS – Kabar bahagia menghampiri masyarakat Kabupaten Maros, terutama bagi mereka yang belum menikah. Kali ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros akan menyelenggarakan program menikah gratis yang akan berlangsung pada Jumat, 10 November 2023, di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Maros, jalan Jenderal Sudirman.

Saat dikonfirmasi, Bupati Maros, Chaidir Syam, mengungkapkan bahwa program ini tidak hanya mencakup pembebasan biaya administrasi, melainkan juga menyediakan fasilitas pelaminan di Mall Pelayanan Publik untuk acara resepsi pernikahan.

“Kami juga menyiapkan tempat untuk pelaminan, sehingga tidak perlu lagi menyewa tempat dengan biaya yang cukup besar,” ujar Bupati Chaidir Syam.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan bahwa pasangan yang akan menikah dapat mengundang kerabat terdekat mereka, dan fasilitas rias pengantin juga sudah disiapkan.

“Pasangan mempelai bisa mengundang keluarga mereka untuk hadir salam-salaman. Saat ini, tidak ada batasan jumlah tamu yang dapat diundang,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal, Pelayan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan, Nuryadi, menyatakan bahwa beberapa pasangan telah mendaftar, namun kuota masih dapat bertambah sesuai dengan antusiasme masyarakat.

“Sudah ada beberapa pasangan yang mendaftar, berasal dari Bontoa, Turikale, dan Tanralili,” ungkap Nuryadi.

Menurutnya, penghulu dalam acara ini akan dipilih berdasarkan kepala KUA masing-masing. Acara tersebut juga dihadiri oleh camat dari 14 kecamatan dan Forkopimda.

Nuryadi menekankan bahwa pasangan yang ingin menikah harus melewati verifikasi oleh Dinas Sosial untuk memastikan bahwa mereka benar-benar berasal dari keluarga tidak mampu dan layak mendapatkan fasilitas menikah gratis.

“Pemerintah kecamatan diharapkan untuk mensosialisasikan program menikah gratis ini secara massif. Pasangan yang menikah juga akan mendapatkan bonus seperti kartu keluarga, BPJS, hingga KTP yang sudah berubah status dari belum menikah menjadi sudah menikah, langsung diserahkan oleh Bupati,” tutup Nuryadi.(**)