RAKYAT NEWS, MAROS – Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi Puji keindahan dan Kelestarian Alam di Kabupaten Maros.

Hal ini ia sampaikan saat melakukan Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspik) Komisi X DPR RI di Kabupaten Maros, Kamis (9/11/2023).

Menurutnya, Kabupaten Maros sangat pantas menjadi Destinasi yang Baik dan Indah. Ditinjau dari lokasinya yang terhitung memiliki aksesbilitas yang mudah.

“Begitu mendarat kita bisa langsung sampai di destinasi-destinasi tersebut. Kedua, Maros dengan surga geopark nya sudah punya branding di skala dunia,” ungkap dede.

Apalagi sudah ada support dari pemerintah dalam konteks mempertahankan dan melestarikan. Lebih lanjut, Dede menyampaikan beberapa saran untuk Kabupaten Maros.

“Diantaranya, dari sisi kemajuan kebudayaan atau perlindungannya masih butuh peningkatan potensi pemberdayaan kebudayaan. Juga yang perlu diperhatikan adalah akses amenitas dan atraksi, kedua ini akan membangun pengalaman berwisata yang nyaman serta menyenangkan bagi wisatawan,” katanya.

Sementara itu dari perspektif literasi, yang mana Kabupaten Maros memiliki kebanggaan literasi aksara lontara.

“Akan lebih bagus lagi jika dilakukan perlombaan pada generasi milenial atau zilenial. Agar lontara bisa turun ke generasi berikutnya, bisa saja dinyanyikan, diprosakan, dipuisikan,” tutur Dede.

Tak hanya itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI juga mengaku sangat mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Maros. Menurutnya Bupati dan Wakil Bupati Maros sudah sangat luar biasa memperjuangkan kawasan kars di wilayah Maros sehingga masuk sebagai UNESCO global Geopark.

“Sangat luar biasa, bukan hal yang mudah untuk masuk sebagai 10 kawasan Geopark di Indonesia. Saya dengar Geopark inu pernah hampir rusak karena adanya aktivitas tambang dan pabrik semen di sekitar kawasan, namun dengan hebatnya dapat dikelola dan masih menjadi kawasan ekowisata,” jelasnya.