RAKYAT NEWS, MAROS – Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Maros kini bisa membuat kemasan produknya di Rumah Kemas Baznas Maros.
Rumas Kemas Baznas yang terletak di Jalan Kemiri, Kecamatan Turikale, Maros baru diresmikan, Selasa (20/2/2024).

Deputi 2 Baznas RI, Imdadun Rahmat mengatakan di rumah kemasan ini, pelaku UMKM akan dibantu dalam proses desain dan pengemasan produk.

Ia menyebutkan seluruh proses pengemasan tak dipungut biaya apapun.

“Kita ingin para UMKM kita yang memproduksi makanan dapat mengemas produksinya dengan bagus, sementara kalau urus di jasa pengemasan itu harganya mahal,” ujarnya.

Menurutnya, pengemasan sangat penting dan bisa menambah nilai jual suatu produk.

“Sehingga produk mereka layak untuk dijual di gerai-gerai yang pembelinya adalah menengah ke atas sehingga harganya bisa lebih tinggi,” terangnya.

Imdadun menuturkan UMKM yang bisa mengajukan bantuan kemasan hanya yang usahanya masih kecil.

Sementara, jika sudah mandiri, sudah dikenakan biaya.

“Selama pengusaha tersebut masih kecil, akan gratis. Nanti kalau sudah besar, kalau mau mengemas sendiri, bayar, ini menjadi infaq dan sedekah mereka sehingga bisa membantu UMKM yang masih merintis,” terangnya.

Ia menyebutkan rumah kemas Baznas sebelumnya juga sudah dibuka di Jakarta.

Hingha kini sudah ada 300 UMKM yang menjadi binaannya.

Kalau di Jakarta sudah berlangsung setahun, dan terbukti manfaatnya untuk meningkatkan brand UMKM kita, diharapkan disini juga bisa melayani hingga 300 UMKM,’ tambahnya.

Bupati Maros, Chaidir Syam pun menyambut baik adanya Rumah Kemas Baznas ini bisa membantu UMKM di Maros.

“Di Maros terdaftar 30 ribu UMKM, ada yang sederhana dan baru yang perlu disupport, kehadiran rumah kemasan ini membantu masyarakat Maros untuk mengembangkan UMKMnya,” tutupnya.