MAROS, RAKYAT NEWS – 19 Oktober 2023 Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Maros menyelenggarakan audiensi ke Ketua DPRD Kabupaten Maros di Jalan Lanto Dg. Pasewang, Maros.

Kegiatan ini merupakan agenda silaturahim sekaligus mendiskusikan terkait inisiasi pengusulan perda penyelenggaraa pesantren di Kabupaten Maros pasca penetapan perda ditingkat provinsi Sulawesi selatan pada bulan September 2023, Ujar Muhammad Fathul Faqih selaku Wakil Ketua PC. GP Ansor Maros.

Andi Patarai Amir, selaku Ketua DPRD Kabupaten Maros merespon baik atas rencana tersebut, apalagi inisiasinya sudah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu.

Namun karena pertimbangan bahwa waktu itu sementara berproses di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, untuk itu kami menunggu penetapan ditingkat provinsi terlebih dahulu lalu kemudian ditingkat kabupaten akan ditindaklanjuti Kembali.

“Inisiasi yang dimulai Kembali oleh Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Maros merupakan hal yang baik. Insiatif yang seperti inilah yang kami butuhkan supaya dari DPRD Kabupaten Maros bisa menindaklanjuti kebagian perencanaan Perda.” Lanjut Patarai Amir.

Lebih lanjut lagi, Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Maros mengucapkan terimakasih atas respon baik yang diberikan oleh ketua DPRD Kabupaten Maros.

Agung melanjutkan bahwa dalam waktu dekat PC. GP. Ansor Kabupaten Maros akan memasukkan surat ke DPRD Kabupaten Maros terkait percepatan pengusulan Perda penyelenggaraan pondok pesantren di Kabupaten Maros.

Perlu diketahui bahwa penyelenggaraan pondok pesantren di Indonesia diatur oleh Peraturan Menteri Agama Nomor 31 Tahun 2020 tentang Pendirian dan Penyelenggaraan Pesantren.

Peraturan ini menjadi landasan utama dalam mengatur berbagai aspek terkait dengan Pesantren di seluruh wilayah Indonesia.

Pesantren memiliki peran penting dalam penyelenggaraan Pendidikan Pesantren sebagai bagian integral dari pendidikan Nasional. Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang turut serta dalam memajukan pendidikan di Indonesia.