RAKYAT.NEWS, MAKASSAR– Ketua Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk Daerah Kabupaten Maros, Chaidir Syam berhasil menyandang gelar doktor setelah sukses menjalani sidang promosi doktor di Universitas Muslim Indonesia, Makassar, pada Sabtu (20/1/2024).

Chaidir merupakan Ketua IKA Unhas untuk Daerah Maros periode 2023-2027 yang menjabat sejak 3 Juni 2023.

Pada sidang promosi doktor tersebut, Chaidir memaparkan disertasinya yang berjudul “Hakikat Fungsi Pengawasan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Terhadap Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Maros”.

Adapun tim promotor yakni Prof Sufirman Rahman, Prof Ode Husen dan Prof Syahruddin Nawi.

Chaidir dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Mantan Ketua DPRD Maros ini tercatat sebagai lulusan ke-359 gelar Doktor di UMI Makassar.

Di tengah kesibukannya mengurus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros, Chaidir masih sempat menyelesaikan pendidikannya pada Program S3 di UMI.

Ia pun mendapat banyak pujian dan ucapan selamat dari sejumlah tokoh, baik di tingkat nasional maupun daerah.

Seperti halnya dari Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat (PP) IKA Unhas, Yusran Jusuf yang menyampaikan rasa bangga dan bersyukur atas capaian tertinggi bidang akademik Chaidir.

“Selamat untuk Doktor Chaidir Syam semoga prestasi ini menjadi contoh bagi pengurus dan alumni lain di Maros,” ucap Yusran dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/1/2024).

Yusran yang juga Tenaga Ahli Menteri (TAM) Pertanian berharap dengan capaian ini, Chaidir membawa Maros semakin maju dan ekonomi masyarakat juga makin tumbuh signifikan.

Sementara Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional RI, Adin Bondar menyampaikan rasa bangga dan salut kepada Chaidir.

“Selamat dan sukses Pak Bupati Chaidir Syam atas promosi doktornya pada bidang hukum,” ucap Adin.

Selain itu, ada Ketua DPRD Kabupaten Maros, Andi Patarai Amir menilai Chaidir sangat paham dengan esensi disertasinya.